Misi Membangun Layanan NU Laksana Pemerintahan

8

Dalam struktur Nahdlatul Ulama kita acapkali mengenal istilah jam’iyyah dan jama’ah yang keduanya merupakan domain yang harus dikelola secara baik oleh NU. Jam’iyyah diidentikan dengan domain organisasi dengan seluruh strukturnya, yaitu kelompok yang mewakafkan dirinya untuk mengurus NU secara struktural. Sedangkan jama’ah adalah domain komunitas, yaitu warga NU yang tidak terlibat dalam domain struktural namun tetap menjaga NU secara kultural.

Untuk mensinergikan kedua doamin tersebut tentu diperlukan sebuah strategi layanan yang utuh dan menyeluruh, mengingat menurut hasil survey terbaru menyebutkan bahwa hampir 56,9% penduduk Indonesia mengaku berafiliasi kepada NU.

Dalam rangka itu mencapai sinergitas tersebut, Gus Yahya menggagas ide untuk menjadikan NU struktural ibarat pemerintahan yang melakukan tata kelola managemen organisasi serta memberikan layanan kepada NU kultural.

Maka untuk mecapai hal itu, PBNU tengah mengupayakan konsolidasi yang terangkum dalam 3 matra konsolidasi dan transformasi. Pertama konsolidasi tata kelola, konsolidasi agenda, dan konsolidasi sumber daya.

Hal itu yang disampaikan Gus Yahya saat memberikan arahan dalam Digitalisasi Persuratan PBNU, di Plaza PBNU, pada Kamis (1/8/24).