Raih Gelar HC, Gus Yahya Bilang Jika Kemanusiaan Menang, Semuanya Menang

10

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga menganugerahkan gelar doktor kehormatan kepada Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya). Penganugerahan tersebut akan dilaksanakan di Gedung Prof HM Amin Abdullah atau Multipurpose UIN Sunan Kalijaga, Jalan Marsda Adisucipto, Yogyakarta, pada Senin 13 Februari 2023.

Pada pidato ilmiah usai menerima gelar tersebut, Gus Yahya menumpahkan kecemasannya tentang bagaimana seharusnya Islam hadir dalam konteks realitas situasi kekinian. Baginya, tidak ada jalan terbaik untuk menolong kondisi Islam, terkecuali dengan perjuangan untuk kemanusiaan. Dia menegaskan, jika kemanusiaan menang, semuanya menang. Gus Yahya mengatakan, dalam pemikiran sebelumnya, Islam justru berada di bawah tekanan dan serangan dari berbagai arah. Selain itu, kecemasannya juga muncul karena adanya radikalisme dan terorisme.

Dia mengaku beruntung bertemu dengan Gus Dur. Dalam pertemuan tersebut, Gus Dur kerap memberinya inspirasi, pengetahuan, pengalaman, dan lainnya. ”Dia (Gus Dur) dalam banyak kesempatan kemudian membuka jalan saya tentang realitas,” katanya.