NU Health Summit 2023 Dorong Penurunan Stunting Lima Provinsi

7

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf membuka NU Health Summit 2023 sekaligus Rapat Kerja Nasional Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Jawa Tengah, pada Jumat 11 Agustus 2023. Dalam agenda tersebut juga digelar Kongres Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama (PDNU), Kongres Asosiasi Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (Arsinu), dan Kongres Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Nahdlatul Ulama (Aptikesnu).

Kegiatan yang bertajuk “Orkestrasi Harakah Kesehatan Mengawal Abad Kedua” itu, salah satu yang menjadi fokus pembahasan adalah percepatan penanganan stunting di lima provinsi. Gus Yahya menegaskan, lembaga berciri khas keagamaan seperti NU memiliki semangat ri’ayatul ummah, sehingga tidak hanya peduli dengan urusan ngaji atau pendidikan masyarakat secara umum. Tetapi ada aspek lain yang juga menjadi lahan kegiatan, yaitu persoalan ekonomi, keluarga, dan kesehatan.

Beberapa pilot project untuk program tersebut adalah lima provinsi di Indonesia, dalam bentuk rumah sakit, klinik, hingga peran perguruan tinggi. Lembaga yang sudah dilibatkan adalah ARSINU PDNU dan Aptikesnu.