Tamsil Gus Yahya Soal Tongkat Syaikhona Kholil

7

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf menghadiri silaturahmi bersama PCNU dan MWCNU Se-Madura di PP Syaichona Mohamad Cholil Bangkalan pada 12 Juli 2023. Dalam kesempatan tersebut, Gus Yahya menyampaikan tentang dua tamsil tongkat yang diberikan Syaikhona Kholil kepada Syaikh KH Hasyim Asy’ari.

Pertama, tongkat tersebut bisa dibuat untuk segala hal, seperti untuk mencari pakan kambing, memukul dan lain-lain. Tongkat itu memiliki mukjizat menjadi ular. Takutnya, kata Gus Yahya, bila tongkatnya menjadi ular, masyarakat pada lari karena jijik. Bagaimana nasib tongkat tersebut? Akan terus jadi ular atau bagaimana?

Tamsil yang kedua, Gus Yahya mengikuti pemikiran Kiai Abdul Wahab Hasbullah, bahwa NU ini seperti kendaraan. Gus Yahya menegaskan kini NU sudah berkembang demikian pesat, dengan ratusan ribu anggota layaknya kendaraan kapal induk yang besar dan punya kemampuan besar.

“Hari ini kita butuh untuk membangun NU ini sebagai kapal induk, kapal induk yang ukurannya besar dan punya kemampuan besar,” tuturnya. Namun begitu sebesar dan secanggih apapun kapal induk juga tidak ada manfaatnya jika mesinnya sedang bermasalah.